Contoh Proposal Usaha

BAB 1

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji syukur kepada Allah  SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal usaha berjudul “Software Sistem Informasi Akademik” ini dengan baik dan lancar. Penulis menyadari bahwa dalam  penyusunan proposal ini tidak lepas dari  kesulitan-kesulitan sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan-kesalahan

Penulis mengucapkan terimakasih  yang sebesar-besarnya sehingga tersusunnya proposal ini kepada:

1.         Joko Arifianto, S.E,M.M  selaku kepala sekolah

            2.         Dewi Agustin, S.Pd selaku pembimbing

            3.         Orang tua, selaku pemberi motivasi dan dorongan

4.         Rekan-rekan

  1. Tujuan

Tujuan usaha software sistem informasi akademik ini adalah

  1. Dapat membantu meningkatkan kualitas sistem informasi sekolah di Indonesia.
  2. Dengan adanya usaha ini dapat meningkatkan perekonomian
  1. Manfaat Umum
    1. Usaha penjualan software sistem informasi akademik ini memberikan informasi sekolah kepada siswa, sekolah, guru, orang tua dan masyarakat.
    2. Tersedia peluang  usaha dan peluang kerja bagi lulusan tehnik informasi dan komunikasi.
    3. Manfaat Ekonomis
      1. Memperkecil biaya pengeluaran informasi kepada siswa, guru, orang tua / wali murid dan masyarakat.
      2. Memperkecil biaya pengelolaan data yang ada di sekolah.

BAB 2

INFORMASI UMUM

  1. Nama perusahaan     : PT RPL CODE MAKER MEDIA COMPUTINDO
  2.  Pemilik perusahaan : FUAT MUZAKI
  3. Bentuk perusahaan  : Perseorangan
  4. Bidang usaha             : Home industri
  5. Lokasi usaha              : Jalan Gajah Mada No.10 Semanding Tertek Kecamatan Pare
  6. Handphone                : +6285736632284
  7. Jumlah tenaga kerja  : 21

BAB 3

ASPEK PRODUK

Produk ini diproduksi dengan spesifikasi  sesuai kebutuhan sistem yang ada di sekolah sehingga proses pembuatan Software Sistem Informasi Akademik ini adalah sebagai berikut:

  1. Jenis barang yang dibuat
    1. Software sistem informasi akademik
    2. Software sistem informasi perpustakaan
    3. Software sistem informasi SPP
    4. Software sistem informasi pendaftaran murid baru
    5. Banyaknya barang yang akan dibuat
      1. Software sistem informasi akademik                            : 250 buah
      2. Software sistem informasi perpustakaan                    : 250 buah
      3. Software sistem informasi SPP                                      : 250 buah
      4. Software sistem informasi pendaftaran murid baru  : 250 buah

BAB 4

ASPEK PEMASARAN PRODUK

Aspek pemasaran produk Software Sistem Informasi Akademik sebagai berikut:

  1. Jasa atau produk yang akan dipasarkan    : software aplikasi
  2. Profil para konsumen yang akan dituju     : SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK.
  3. Potensi pasar
    1. Lokasi daerah pemasaran                     : Kecamatan, Kabupaten dan Propinsi.
    2. Jumlah potensi pemasaran                    : 1000 buah aplikasi
    3. Kondisi para pesaing
      1. Nama perusahaan                                   : Nonosoft
      2. Jenis usaha                                               : Home industri
      3. Lokasi perusahaan                                 : Surabaya
      4. Fasilitas pelayanan                                 : Penjualan software secara online
      5. Jumlah konsumen potensial                  : 1000 buah aplikasi
      6. Pasar efektif yang dapat dikuasai
        1. Nama sekolah                                          : SMK Bhakti Mulia Pare
        2. Alamat sekolah                                        : Jalan matahari Tulungrejo
        3. Kapasitas pembelian                               : 4 paket
        4. Pasar yang direncanakan
          1. Sekolah
            1. SMK Bhakti Mulia Pare
            2. SMK Chanda Bhirawa Pare
            3. SMK Pemuda Papar
            4. SMA Negeri 1 Pare
            5. SMA Negeri 2 Pare
            6. SMA Negeri 3 Kediri
            7. MAN 5 Kabupaten Jombang
            8. SMP Negeri 1 Bendo
            9. SMP Negeri 2 Pare
            10. MTS Negeri 1 Pare
            11. SD Negeri 1 Pare
            12. SD Negeri 2 Pare
            13. MI Negeri Doko Kediri
            14. SLTA Dharma Wanita Pare
  1. Penetapan harga produk
    1. Harga yang ditawarkan
      1. Software sistem informasi akademik                               Rp 2.000.000,00
      2. Software sistem informasi perpustakaan                       Rp 1.800.000,00
      3. Software sistem informasi SPP                                         Rp 2.000.000,00
      4. Software sistem informasi pendaftaran murid baru     Rp 1.500.000,00
      5. Prosedur penetapan harga jual
        1. Software sistem informasi akademik
  • Menu (Data Siswa, Data Nilai Siswa, Data Mata Pelajaran, Data Guru, Data Ujian, Data Karyawan, Data Gaji Karyawan, Data Absensi Siswa).
  • Report (Data Siswa, Data Nilai Siswa, Data Mata Pelajaran, Data Guru, Data Ujian, Data Karyawan, Data Gaji Karyawan, Data Absensi Siswa).
  • Visualisasi sistem informasi.
  • Berbasis Web
  1. Software sistem informasi perpustakaan
  • Menu (Data Siswa, Data Buku, Data Petugas Perpus, Data Peminjaman, dan Data Pengembalian).
  • Report (Data Siswa, Data Buku, Data Petugas, Data Peminjaman, Data Pengembalian, Kartu Anggota Perpustakaan).
  • Visualisasi sistem informasi.
  • Berbasis Web
  1. Software sistem informasi SPP
  • Menu (Data Siswa, Data Jenis Pembayaran, Data Petugas, Data Pembayaran, dan Data Tunggakan, Data Beasiswa, Data Pengeluaran Keuangan Sekolah, Data Pemasukan Keuangan Sekolah).
  • Report (Data Siswa, Data Pembayaran, Data Petugas, Data Tunggakan, Data KAS Keuangan Sekolah, Kartu Pembayaran Sekolah).
  • Visualisasi sistem informasi.
  • Berbasis Desktop
  1. Software sistem informasi pendaftaran murid baru
  • Menu (Data Siswa, Data Nilai Siswa, Data Orangtua, Data Biaya Pendaftaran).
  • Report (Data Siswa Pendaftar, Data Siswa yang diterima, Data Siswa yang ditolak, dan Bukti Pembayaran Pendaftaran Siswa).
  • Visualisasi sistem informasi.
  • Berbasis Web atau Desktop
  1. Distribusi yang akan dilakukan
    1. Secara eksklusif
      1. Turbo Komputer
      2. Terra Komputer
      3. Centra Computer
      4. Strategi promosi
        1. Melalui media cetak                    : Majalah Komputek, Majalah CHIP
        2. Melalui media elektronik            : Televisi dan Radio
        3. Melalui media internet               : http://www.rplcodemaker.co.cc
        4. Sistem penjualan produk
          1. Langsung                                     : Langsung bertemu dengan kepala sekolah
          2. Semi langsung                             : Melalui pengecer resmi yang ditunjuk
          3. Tidak langsung                            : Transfer melalui rekening

BAB 5

ASPEK TEKNIS

Produk ini diciptakan menyesuaikan kebutuhan sistem yang ada di sekolah sehingga proses pembuatan Software Sistem Informasi Akademik ini memiliki aspek teknis yang mencakup:

  1. Rencana display

1. Papan nama berbentuk logo tiga dimensi perusahaan di depan kantor

2. Etalase produk di dalam gedung kantor

  1. Denah lokasi usaha (lampirkan)
  2. Izin mendirikan bangunan (IMB)(lampirkan)
  3. Proses mempersiapkan pelayanan kepada konsumen atau pelanggan
    1. Demo penggunaan aplikasi
    2. Buku panduan penggunaan aplikasi
    3. Training penggunaan aplikasi bagi pelanggan
    4. Kebutuhan tenaga kerja dan kualifikasinya
      1. Kepala IT
      2. Programer PHP dan Visual Basic
      3. Desainer database
      4. Analiser database
      5. Desainer visualitas aplikasi
      6. Accounting
      7. Resepsionis
      8. Security Sistem Aplikasi
      9. Sistem Administrator
        1. Spesialis Internet
        2. Operator IT
        3. Driver
        4. Satpam (Penjaga Kemanan)
        5. Peralatan kerja yang dibutuhkan
          1. Computer PC
          2. Internet
          3. Aplikasi pemrograman:
  • PHP
  • Microsoft Visual Studio6
  • MYSQL
  • Dreamweaver 8
  • Macromedia flash 8
  • Photosop
  • Web server (apache)
  • Corel Draw
  1. Listrik/Genset
  2. Mobil
  3. Alat Tulis Kantor
  4. Buku Besar
  5. Buku Arsip
  6. Telepon
  7. Bahan baku yang digunakan
    1. Database sekolah
    2. Gambar sekolah
    3. Profil sekolah
    4. Jadwal memulai usaha                      : 17 Agustus 2012

BAB 6

ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN

Produk Sistem Informasi Akademik memilki aspek organisasi dan manajemen yang sudah di sesuaikan dengan sistem yang dibutuhkan sekolah sehingga tercapainya kebutuhan sistem sekolah yang berkualitas dan berintegritas tinggi. Aspek organisasi dan manajemen perusahaan kami sebagai berikut:

  1. Jenis dan volume pekerjaan
No Jenis pekerjaan Volume pekerjaan (%)
1. Desain database 15 %
2. Desain Menu 25%
3. Desain tampilan aplikasi 15%
4. Pengkodean aplikasi 30%
5. Pemasangan aplikasi 15%
  1. Struktur organisasi (lampirkan)
  2. Uraian pembagian pekerjaan beserta hak dan wewenangnya (lampirkan)
  3. Sistem balas jasa yang akan digunakan (lampirkan)

BAB 7

ASPEK ADMINISTRASI

Produk Sistem Informasi Akademik tidak akan tercipta dengan kualitas baik tanpa adanya administrasi yang baik, administrasi yang digunakan oleh PT RPL CODE MAKER MEDIA COMPUTINDO adalah sebagai berikut:

  1. Tata usaha dan personalia
    1. Daftar hadir karyawan (lampirkan)
    2. Agenda surat masuk (lampirkan)
    3. Agenda surat keluar (lampirkan)
    4. Arsip kegiatan TU dan personalia (lampirkan)
    5. Pemasaran produk
      1. Daftar konsumen atau langganan (lampirkan)
      2. Daftar harga produk (lampirkan)
      3. Faktor pengiriman produk (lampirkan)
      4. Tanda bukti pembayaran (lampirkan)
      5. Arsip kegiatan pemasaran (lampirkan)

BAB 8

ASPEK KEUANGAN

Produk Sistem Informasi Akademik yang diproduksi oleh PT RPL CODE MAKER MEDIA COMPUTINDO memiliki aspek keuangan yang terdiri dari:

  1. Sumber modal
    1. Modal sendiri
    2. Modal asing
    3. Pinjaman kredit dari bank
    4. Pinjaman dari pihak ketiga
    5. Pinjaman lain-lain
  1. Modal atau investasi
    1. Tanah seluas 280m2
    2. Bangunan seluas 170m2
    3. Mesin-mesin atau peralatan
    4. Peralatan kantor
    5. Mobil perusahaan

Rp 200.000.000,00

Rp   20.000.000,00

Rp –

Rp –

Rp –

Rp 140.000.000,00

Rp   90.000.000,00

Rp   20.000.000,00

Rp   20.000.000,00

Rp 350.000.000,00 Jumlah modal investasi =Rp 840.000.000,00

BAB 9

MODAL KERJA SETIAP PERIODE

  1. Gaji atau upah
    1. Pemilik perusahaan
    2. Tenaga ahli  x 15 orang

@ 2.500.000,00

  1. Tenaga kerja biasa x 6 orang

@ 1.000.000,00

Rp   5.000.000,00

Rp 37.500.000,00

Rp   6.000.000,00

Jumlah kebutuhan gaji=Rp 48.500.000,00

  1. Bahan-bahan baku
    1. Biaya bahan langsung
    2. Upah langsung
    3. Biaya tak langsung

Rp   3.000.000,00

Rp   2.000.000,00

Rp 10.000.000,00 Jumlah kebutuhan dana bahan baku=Rp 15.000.000,00

  1. Bahan pembantu
    1. Data sekolah
    2. Gambar

Rp   2.500.000,00

Rp      500.000,00 Jumlah kebutuhan dana bahan pembantu=Rp 3.000.000,00

  1. Transport bahan baku dan bahan pembantu
  2. Perlengkapan pengadaan bahan baku dan pembantu
  3. Penyusutan
  4. Biaya lain-lain

Rp   1.500.000,00

Rp 18.000.000,00

Rp 11.000.000,00

Rp 10.000.000,00 Jumlah kebutuhan dana keseluruhan=Rp 40.500.000,00

Rekapitulasi dana yang dibutuhkan

  1. Jumlah modal investasi
  2. Jumlah kebutuhan gaji
  3. Jumlah kebutuhan dana bahan baku
  4. Jumlah kebutuhan dana bahan pembantu
  5. Jumlah kebutuhan dana
    1. Transportasi
    2. Perlengkapan
    3. Penyusutan
    4. Biaya lain-lain

Rp 840.000.000,00

Rp   48.500.000,00

Rp   15.000.000,00

Rp     3.000.000,00

Rp     1.500.000,00

Rp   18.000.000,00

Rp   11.000.000,00

Rp   10.000.000,00 Jumlah kebutuhan modal keseluruhan=Rp 947.000.000,00

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s